Permainan Rounder – Serupa Namun Tak Sama dengan Baseball 1

Untuk permainan Rounders sendiri menjadi salah satu olahraga yang cukup populer dan juga banyak sekali dimainkan oleh masyarakat. Jika bisa dilihat dari beberapa hal seperti halnya gaya permainan, lalu peralatan, dan lain sebagainya. Permainan Rounders sendiri sekilas hampir sama dengan permainan kasti, lalu softball dan juga baseball. Rounders sendiri sudah memiliki permainan resminya, jadi disini kalian memiliki kesempatan untuk menjadi atlet Rounders dibanding menjadi pemain Baseball. 

Rounders sendiri menjadi permainan tim yang akan menyerang dan tangkas, serta menggunakan tongkat pemukul dari kayu maupun besi dan bola kecil. Olah karena itulah, rounders sudah masuk sebagai cabang olahraga permainan bola kecil karena memang ukuran bola yang digunakan dalam  permainan ini. Game Playnya sudah berpusat pada sejumlah babak, yang mana dari setiap tim nantinya akan mampu untuk bergantian menjadi regu pemukul bola dan juga penjaga. 

Poin akan langsung diperoleh oleh tim pemukul bola jika memang salah satu pemainnya bisa berhasil melewati 4 base tanpa keluar garis. Pemukul harus bisa memukul bola dengan benar dan berlari melewati base ke I, II, III dan ke IV. meskipun dirinya ini bertahan di salah satu dari 3 base pertama. Disini pastikan pemukul keluar jika : 

  • Bola nantinya ditangkap
  • Base sebagai tempat pemukul berlari disentuh dengan bola
  • Saat sedang berlari, dirinya sudah disentuh dengan menggunakan bola oleh penjaga

Permainan Rounders selalu saja mengutamakan kekompakan dan kerjasama tim untuk mencapai kemenangan. Pemain bisa mendapatkan nilai dengan cara mengelilingi 4 seri atau base yang ada di lapangan. 

Sejarah dari Permainan Rounders 

Permainan Rounders dari sejarah ini sudah pertama kali dimainkan di negara Inggris sejak zaman Tudor. Dimana hal ini sudah direferensikan pada tahun 1744 dalam buku anak-anak yang memang berjudul “ A Little Pretty Pocket Book “ dimana pada saat itu bisa disebut dasar bola oleh John Newbery pada tahun 1828 silam. 

Permainannya sendiri sudah populer sekali di kalangan anak-anak sekolah yang berada di Inggris dan di Negara Irlandia, terutama sekali pada kalangan anak perempuan. Kemudian William Clarke yang berada di London bisa menerbitkan edisi kedua dari buku The Boy yang akan mencakup aturan serta berisi deskripsi pada permainan ini dalam bahasa Inggris. Lalu tahun berikutnya, buku ini bisa diterbitkan di Boston,  Massachusetts. Nah aturan Nasional bisa diresmikan oleh Asosiasi Atletik Gaelic GAA yang berada di Irlandia pada tahun 1884. 

Sedangkan di Inggris sana, sudah diatur oleh National Rounders Association yang dibentuknya pada tahun 1943 silam. Setelah aturan permainan ini diformalkan di negara Irlandia, maka didirikannya asosiasi di Liverpool dan juga Skotlandia pada tahun 1889. Berdasarkan atas cerita di atas, jadinya bisa disimpulkan jika permainan Rounders ini berasal dari negara Inggris dan penemu atau Pencipta dari permainan Rounders adalah John Newbery. 

Lapangan pada Permainan Rounders 

Adapun bentuk dan juga ukuran lapangan rounders yang bisa kalian lihat di bawah ini : 

  • Lapangan pada permainan Rounders ini unik, sebab memiliki bentuk segi lima.
  • Panjang atas sisi lapangan permainan Rounders ini sebesar 15 meter saja.
  • Jumlah dari base permainan Rounders terdapat 5 yakni Base I, II,III, IV dan juga V dengan ukurannya sebesar 40 x 40 cm. 
  • Jarak dari antara tempat pelambung ke Base V sebesar 9 meter.
  • Jarak antara tempat dari pelambung pada permainan ini dengan Base IV dan juga Base I masing-masing 12 meter. 
  • Tiang tegak lurus ini memiliki jumlah 4 buah dengan memiliki panjang sebesar 1,3 meter yang dipasang pada ke-4 sudut yang ada. 
  • Tempat dari pelambung permainan Rounders ini atau disebutnya sebagai pitcher plate memiliki ukuran 2,5 x 2,5 meter. 
  • Tempat dari pemukul bola dengan ukuran 2 x 2 meter saja. 

Media untuk Permainan Rounders 

Selain sejarah dan lapangan pada permainan Rounders, ada juga nih media atau perlengkapan atas permainan Rounders yang bisa kalian ketahui seperti halnya : 

  • Tongkat Pemukul = dimana bisa terbuat langsung dari kayu dan juga bentuknya bulat telur atau oval dengan panjang sekitar 70 sampai dengan 80 cm, sedangkan untuk kelilingnya sendiri lebih dari 29 cm. 
  • Bola = dimana pada permainan Rounders sudah terbuat dari karet atau juga kulit yang mana didalamnya bisa diisi oleh sabut kelapa, lalu ukuran keliling bolanya 19 hingga 21 cm, berat bolanya sendiri 30 sampai 70 gr atau juga 70 hingga 80 ge dan diameternya sebesar 20 cm. 
  • Bendera = bisa diletakkan pada setiap sudut lapangan dan sebagai sebuah tanda di tengah lapangan yang ada. 
  • Tiang Hinggap = sudah masuk ke dalam tiang yang diberi bendera dengan ditancapkan ke tanah agak dalam agar nantinya tidak akan mudah dicabut.
  • Peluit = hal ini bisa digunakan oleh wasit sebagai tanda aba-aba yang ada. 
  • Nomor Dada = dari setiap pemain wajib saja menggunakan nomor urut 1 sampai dengan nomor urut 12. 
  • Kertas Pencatat Nilai = hal ini bisa digunakan untuk menulis nilai yang mana diperoleh oleh masing-masing regu yang ada.
  • Disini tongkat atau alat pemukul di dalam permainan Rounders sendiri mendapatkan istilah “ BAT “… 

Jumlah Pemain Rounders dan Waktu atau Lama Permainan 

Untuk permainan yang satu ini sudah dimainkan oleh 2 regu, dengan jumlah pemain Rounders dari setiap regunya sudah terdiri langsung atas 12 orang pemain inti dan 6 pemain cadangannya. Salah satu dari pemain menjadi kapten. Pemain ini nantinya mengenakan kostum dengan nomor urut angka 1 sampai dengan nomor urut 12. Sementara itu, pemain cadangan dengan menggunakan nomor dada dari pemain inti yang digantikan. 

Lama pada permainan Rounders ini bisa ditentukan oleh Inning atau yang dimaksudkan dalam permainan Rounders seperti 1 kali menjadi regu pemukul dan satu kali menjadi regu penjaga yang ada. Nah dalam setiap permainan sudah ada 3 Inning atau babak, jika memang di setiap regu ini sudah memperoleh giliran 3 kali menjadi regu pemukul dan penjaga maka permainan dinyatakan selesai. Perbedaan dari permainan Rounders dan juga kasti terletak pada aturan waktu atau pada lama permainannya. Kasti bisa menggunakan hitungan waktu menit, sedangkan adanya rounders yang menggunakan Inning untuk menentukan lama permainan. 

Wasit pada Permainan Rounders 

Sebagai permainan yang memang akan dipertontonkan kepada khalayak, sudah menjadi aturan yang baku dalam mencantumkan wasit sebagai pengadil di lapangan. Adapun beberapa hal yang sudah dilakukan oleh seorang wasit di dalam permainan ini seperti : 

  • Wasit akan langsung berteriak kata Strike jika memang pukulannya benar atau lemparan pelampung benar. 
  • Wasit juga akan berteriak ball jika memang lemparan pelambung ini salah atau pemukul tidak memukul. 
  • Dari setiap bola yang dilempar, wasit ini harus berteriak sesuai dari kriteria di atas.
  • Jika pelambung bisa melakukan kesalahan sebanyak 5 kali saat sedang melempar atau pemukul tidak memukul maka akan terjadi Ball. maka disini wasit bisa berteriak Free Walk pada pemukul yang berarti pemukul bebas berjalan pada base pertama.