Adakah Perbedaan Diantara Bisbol – Kasti dan Softball ?

Jika sebelumnya kalian sudah melihat beberapa rekomendasi yang kami berikan mengenai dunia Baseball, maka kali ini kami akan membahas beberapa perbedaan dari kehadiran Baseball – Softball dan juga Kasti. Sekilas kalian melihat permainan ini sama, dimana memerlukan tim yang terdiri dari beberapa anggota dan dilengkapi oleh pemukul serta Bola Kecil. Namun dulu yang paling sering dimainkan, dan juga sudah menjadi Permainan Olahraga semasa kecil adalah permainan dari Bola Kasti. Agar tidak terjadi kesalahpahaman yang berlarut, larut. Maka dalam hal ini kami akan menjelaskan sedikit demi sedikit mengenai perbedaan atau apapun yang ada di dalam dunia Baseball, Kasti dan juga Softball. 

Pengertian Dasar pada Permainan Baseball , Kastil dan Softball 

Olahraga Baseball – Bisbol menjadi olahraga yang mana dimainkannya dengan menggunakan bantuan dari 2 tim. Pelempar yang dikenal dengan sebutan Pitcher dari tim yang melempar ini akan berusaha mati-matian melempar bola tersebut. Lalu untuk para pemainnya dikenal dengan Batter dari salah satu tim yang memukul bola tersebut menggunakan tongkat pemukul yang sering disebut sebagai Bat. Tim yang nantinya melempar, sebisa mungkin untuk terus berusaha menangkap bola yang dipukul oleh Tim lainnya, agar nantinya si tim yang memukul bisa berubah secara langsung menjadi tim yang melempar. Tim yang kedapatan memukul, nantinya akan mendapatkan angka dengan cara berlari berlawanan arah senada dengan jarum jam untuk pulang kembali ke Home Plate setelah berhasil menyentuh marka pada permukaan lapangan Bisbol yang sering disebut dengan Base. Dalam dunia Baseball sendiri sering disebut dengan Hardball agar bisa membedakannya dengan permainan olahraga Softball. 

Olahraga Kasti – permainan ini dulunya saya ketahui saat masih Sekolah Dasar. Dimana, guru olahraga akan membagi tim menjadi 2 regu dan dulunya memang menjadi permainan terfavorit bagi anak-anak sewaktu pelajaran olahraga tiba. Regu tersebut dibedakan menjadi regu pelempar bola dan regu pemukul bola. Biasanya setiap tim waktu saya SD hanya memerlukan 6 hingga 12 orang saja. Diantaranya satu menjadi Pemukul, Satu menjadi Pelempar dan sisanya yang menangkap bola. Saat sudah memukul, si pemain s128 harus bisa berlari ke arah tiang yang sudah disediakan dan jangan sampai terkena lemparan bola dari tim lawannya. Maka jika terkena, nantinya si tim pemukul berubah menjadi tim pelempar. Ya kurang lebihnya masih sama seperti permainan softball dan Baseball, hanya saja untuk yang satu ini pada versi Lokalnya. 

Olahraga Softball – ini adalah permainan bola beregu yang terdiri atas 2 tim. Permainannya sudah dikenal untuk pertama kali di Amerika Serikat dan diciptakan secara resmi oleh George Hancock di salah satu kota yang bernama Chicago pada tahun 1887 silam. Perkembangan dari permainan ini memang sejenis dengan Baseball dan juga Hardball. Bola yang dipakai berukuran 28-30,5 Cm saja. Nantinya bola dilempar oleh seorang pitcher dan sudah menjadi sasaran pemain lawan untuk memukul bola dengan menggunakan Tongkat pemnukul atau Bat. dan disini nantinya ada sebuah regu yang berjaga atau defense, lalu ada juga tim untuk memukul atau Ofensif. Dari tiap regu memang memiliki tujuan di dalam mengumpulkan angka ( run ) dengan caranya memutari 3 seri Base pelari dan menyentuh marka sampai akhir yakni Home Plate yang ada. 

Perbedaan Baseball, Kasti dan Softball 

1) Olahraga Baseball 

  1. Permainan ini hanya akan dimainkan oleh para pria, maka dari itu disebutnya sebagai permainan hardball. 
  2. Bola yang digunakan untuk bermain Baseball atau Bisbol memiliki warna putih dengan adanya jahitan benang yang berwarna kontras. Selain itu, bolanya juga akan tertutup telapak tangan jika nantinya di genggam. Berarti ukurannya sendiri jauh lebih kecil dan memiliki ukuran layaknya bola tenis lapangan. 
  3. Bat atau pemukul yang dipergunakan terbuat dari Besi atau Alumunium yang penting bahannya masih kuat, dan terbilang ringan ketika diangkat dan diayunkan nantinya. Dan pada bagian atas Bat atau pemukul nantinya berbentuk silindris. 
  4. Cara untuk melempar bolanya juga harus dari atas lurus ke arah si Pitcher atau arah pemukul. 
  5. Ukuran lapangan Baseball bisa dikatakan jauh lebih besar daripada lapangan Softball dan juga Bola Kasti. 
  6. Mengenai area dari pelempar bola, maka akan terdapat gundukan tanah yang biasanya disebut dengan Mount di dalam permainan Baseball itu sendiri. Namun untuk Plate yang disediakan masih sama berbentuk persegi. 
  7. Lalu dalam permainan Baseball, pelempar yang akan melempar nantinya bisa menyentuh Plate dan meletakkan hanya pada satu kakinya saja. 
  8. Untuk segi permainannya, maka kalian akan melihat peraturan dari Baseball yang sering sekali disebut dengan Stealing atau dinamakan mencuri base. Jika nantinya Batter atau pemukul ini sudah berhasil dalam mencapai base 1-2-3 , maka untuk giliran batter yang selanjutnya dilakukan Runner dan yang berada di base ini bisa meninggalkan base tersebut dalam 3 langkah saja dan memulai untuk berlari ke base berikutnya dengan kondisi dari bola yang telah lepas pada lemparan Pitcher itu sendiri. 
  9. Untuk permainan Baseball, kalian akan melihat adanya sarung tangan khusus yang sangat amat dipengaruhi pada dominasi tangan si pemain. Jika memang kidal, maka kebalikannya sarung tangan tersebut harus kanan. 

2) Olahraga Bola Kasti 

  1. Bola yang biasanya dipergunakan untuk permainan ini adalah bola tenis lapangan, dan umumnya memiliki warna Hijau Muda. dika dibandingkan dari kedua permainan tersebut, memang bola tenis lapangan ini akan berada di tengah-tengah dikarenakan, memiliki ukuran yang jauh lebih besar daripada bola Baseball dan dikatakan masih lebih kecil dibandingkan dengan bola Softball. Dan yang saya tahu, Bola Kasti ini menjadi permainan dengan memiliki tekstur bola yang empuk ketika dilemparkan ke pemain lainnya. 
  2. Untuk Bat atau Pemukul yang digunakan memang umumnya berbahan dasar kayu. Lalu bentuk dari bagian permukaan pemukul ini digunakan untuk memukul bola di bagian yang datar dan bukannya berbentuk silindris. 
  3. Selain itu, dalam kamus Bola Kasti tidak ada tuh yang namanya “ Sarung Tangan ! “ sbab, memang para pemainnya tidak memerlukan hal seperti itu. Kecuali, Baseball dan Softball yang masih menggunakan bantuan dari sarung tangan dalam melempar maupun menangkap bola yang sudah dipukulkan tersebut. 
  4. Peratruan yang dibuat sewaktu saya masih SD juga sangat mudah, dimana ada pemain penjaga dari tim pelempar yang akan menangkap bola yang sudah terpukul. kemudian , pelempar harus segera berlari ke kotak yang sudah disediakan atau tiang. Nanti temannya mengikuti sebagai pemukul gantian. Namun ketika si pemukul ini sebelum lari sudah terkena bola dari tim pelempar, maka harus bertukar posisi dari Tim Pemukul menjadi Tim Pelempar nantinya. 

3) Olahraga Softball 

  1. Untuk permainan ini sebenarnya hampir sama saja seperti Baseball, namun yang membedakan seperti bola memiliki diameter paling besar dan terhitung berat diantara permainan lainnya. Bahkan untuk telapak tangan saja hanya mampu untuk bisa memegang satu sisi pada permukaan jika nantinya kalian disuruh memegang bola tersebut. 
  2. Permainan Softball sendiri bisa dimainkan oleh pemain Pria dan juga Wanita. 
  3. Mengenai cara melempar, permainan ini harus melemparkan bola tersebut dari arah bawah ke atas. 
  4. Untuk area dari pelemparan bila atau tukang Pitcher ini ini, akan rata dan tidak memiliki gundukan. Namun plate yang disediakan masih sama kok bagi Pitcher. 
  5. Jika sebelumnya Baseball saat melempar si Pitcher ini harus menyentuh plate pada satu kaki, namun bagi Softball harus meletakan kedua kaki di plate tersebut. 
  6. Dalam permainannya, Runner sendiri tidak akan diberi izin untuk bisa meninggal kan base walau seinci pun. Jadinya, pada permainan Softball ini benar-benar akan mengandalkan kecepatan lari dari Runner. Dan peraturan akan diberlakukan karenakan jarak antar base di Base Softball ini jauh lebih pendek dibandingkan dengan adanya permainan olahraga Baseball. 

NOTED : dari sekian banyaknya perbedaan di antara permainan Olahraga Baseball – Bola Kasti dan Softball, tentu saja mereka masih memiliki persamaan yang mutlak. Seperti persamaan : 

1.1 Posisi dari si pemukul yang memang sama-sama dipengaruhi oleh dominasi tangan.

1.2 Sarung tangan sebagian diperlukan bagi permainan Baseball dan Softball. Untuk kasti hal ini mengikuti saja. 

1.2 Aturan dari permainan kurang lebihnya sama, walau sedikitnya mungkin terdapat perbedaan di ukuran lapangan dan juga jumlah pada satu regu sampai dengan jarak antar basenya.